Inspirasi Terbaru :
Loading...
  |

Metode Menghafal Al-Quran Klasik Dari Mauritania


Berikut ini metode menghafal yang di terapkan di Negeri Syaikh As Sinqity Mauritania

Hari ke-1:

Salin halaman pertama al-Qur'an yang anda ingin hafalkan dengan benar sesuai mushaf yang anda pakai. Kemudian bacalah sampai anda lancar dan hafalkanlah walau belum kuat (mungkin perlu 1-2 jam)


Kemudian ulangilah yang anda hafalkan sebanyak 500 kali (ya anda tidak salah baca, 500 kali). Anda bisa sesekali melihat mushaf jika anda ada yang lupa. Santai saja dan terus baca sebanyak 500 kali dan usahakan menghafalnya. Anda boleh istirahat setiap kali 100 kali. Mungkin diperlukan 4-5 jam untuk melakukan hal ini jika satu halaman memerlukan waktu 1 menit untuk membacanya (dibaca cepat tapi tetap dengan makhorijul huruf dan tajwid yang tepat).

Hari ke-2:

Lakukan hal yang sama di atas untuk halaman ke-dua. Yaitu salin halaman mushaf ke-2 yang mau anda hafal, dan bacalah 500 kali. Setelah selesai membacanya 500 kali, anda baca lagi muroja'ah halaman pertama yang hari kemarin 150 kali. .

Hari ke-3

Lakukan hal yang sama di atas untuk halaman ketiga. Yaitu salin halaman mushaf ke-3 yang mau anda hafal, dan bacalah 500 kali.

Setelah selesai membacanya 500 kali, anda baca lagi muroja'ah halaman kedua yang hari kemarin 150 kali. .

Setelah selesai muroja'ah halaman kemarin, anda baca lagi muroja'ah halaman hari pertama sebanyak 50-75 kali.

Hari ke-4

Lakukan hal yang sama di atas untuk halaman keempat. Yaitu salin halaman mushaf ke-4 yang mau anda hafal, dan bacalah 500 kali.

Setelah itu, muroja'ah halaman ke-3 150 kali

Setelah itu, muroja'ah halaman ke-2 50-75 kali.

Setelah itu, muroja'ah halaman ke-1 10 kali

Rumusan yang harus dilakukan:

Hari ke-1: 500 kali pengulangan

Hari ke-2: 500+150 halaman sebelumnya

Hari ke-3: 500+150+75

Hari ke-4: 500+150+75+10

Hari ke-5: Baca dari halaman pertama sampai keempat sekaligus 200 kali.

Metode klasik Mauritania ini memakan waktu yang lama tapi hafalan akan sangat sangat kuat. Bahkan saking kuatnya anda berhenti membaca pun ayat itu terngiang-ngiang di kepala bahkan sampai masuk ke dalam mimpi waktu tidur. in sya Allah!

Aku berkata: menyalin satu halaman mushaf ke buku lain lalu baru dihafalkan adalah langkah ideal, karena hafalan akan sangat menancap sebab tangan kita ikut menuliskannya. Tapi jika masih kesulitan menulis ayat al-Qur'an dengan benar dan baik, maka metode klasik Mauritania di atas bisa dilakukan dengan modifikasi tanpa menulis/menyalin. Jadi rumus pegulangan sama, tapi langsung saja baca dan hafalkan dari mushaf anda.


Sumber : Fb Beta Ismawan



Baca Juga Artikel ini:

1 Tanggapan untuk "Metode Menghafal Al-Quran Klasik Dari Mauritania"